Rabu, 12 September 2012

Sang Pencerah

Sejarah Ayam Serama

 


Ayam serama merupakan hasil kreatifitas Wee Ean Een, seorang penghulu ayam dari Negeri Jiran yang gemar berkreasi dalam membudidayakan ayam. pada tahun 1971, beliau menyilangkan ayam Kate Kaki Panjang dengan ras ayam modern Game Bantam. Ayam kate kaki panjang dipilih lantaran memiliki sayap yang menjuntai lurus ke bawah, sedangkan Modern Game Bantam memiliki struktur badan yang tegap, serta leher yang panjang dan tertarik ke belakang menyerupai huruf S.

Pada tahun 1973, Wee Yean Een menyilangkan keturunan pertama hasil perkimpoian ayam kate kaki panjang dan modern game bantam dengan jenis ayam sutra. Hasil perkimpoian tersebut menghasilkan Ayam Sutra yang berpostur tubuh kecil.

Tidak berhenti sampai disitu, beliau masih merasa tidak puas dengan hasil ayam persilangan tersebut. beliau pun menjodohkan hasil keturunan kedua dengan ayam Kate jepang. ayam kate jepang memiliki warna bulu yang indah dan ekor yang berdiri tegak.

Pada tahun 1988, beliau akhirnya berhasil mencetak ayam kate dengan bobot kurang dari 500 gr. Dan ayam kate inilah yang kemudian disebut dengan nama SERAMA. nama serama ini diberikan pada si ayam karena gaya dan penampilan ayam yang gagah dan tegap layaknya tokoh pewayangan "Sri Rama". karena tidak Fasih menyebut nama Sri Rama Wee Yean Een nama Sri Rama berubah menjadi Serama.